Terbaru

Wednesday, May 23, 2018

Pentingnya Sitemap Untuk Pendaftaran Google Adsense


Cara Gampang Membuat Sitemap Pada Blog Supaya Bisa Diterima AdSense – Sebuah sitemap adalah salah satu yang wajib ada dalam situs atau blog karena keberadaannya memiliki banyak manfaat terutama buat pengunjung. Ada dua jenis sitemap yang harus kita kenal yaitu sitemap pada webmaster tools dan sitemap pada halaman blog yang lebih dikenal dengan sebutan daftar isi.

Pada ulasan ini penulis akan membahas sitemap pada blog saja, untuk sitemap pada webmaster tools nanti kita bahas di ulasan selanjutnya. Fungsi dari kedua sitemap ini pada dasarnya sama yaitu memudahkan Googlebot melakukan perayapan ke dalam situs, lebih tepatnya perayapan pada setiap konten.

Jadi lebih jelasnya sitemap merupakan rujukan mesin telusur untuk menemukan konten yang relevan dengan pencarian pengguna pada saat itu. Google AdSense sendiri sangat memperhatikan keberadaan sitemap ini karena peranannya yang sangat penting .

Sitemap yang ada pada blog ini akan membantu pengunjung untuk bernavigasi dengan mudah ke setiap konten dalam blog dengan berbagai kategori yang berbeda sesuai dengan yang mereka sukai sehingga tidak menutup kemungkinan hal ini bisa meningkatkan trafik pengunjung setiap harinya.

Sebelum diterima Google AdSense blog ini tidak memiliki sitemap sehingga pada saat pendaftaran pertama terjadi penolakan, akhirnya penulis mencoba membuat sebuah sitemap dan hasilnya disetujui Google AdSense pada pendaftaran kedua.

Mengapa sebuah blog perlu sitemap?
Sitemap pada blog sangat bermanfaat dalam SEO dan membantu kita menurunkan bounce rate blog sehingga disukai mesin telusur dan akan memudahkan proses indexing Google menjadi lebih cepat. Dengan demikian visibilitas blog di mesin telusur bisa semakin meningkat.

Pada saat pengunjung datang kemudian menemukan konten yang sangat berguna maka bisa dipastikan blog akan dijelajahinya, disinilah peran penting dari sitemap yang dapat memperlihatkan semua URL konten blog dalam satu halaman sehingga menjadi navigasi yang memudahkan mereka.

Jadi, bagi sobat yang sedang membuat sebuah blog diharapkan untuk tidak lupa membuat sitemap pada blognya karena hal ini sangat penting dan bisa menjadi salah satu penentu bertahannya pengunjung ketika surfing di blog.

Ada banyak cara membuat sitemap pada blog, namun hanya ini yang pernah penulis terapkan dalam blog dengan hasil yang cukup luar biasa. Tampilannya yang menarik membuat pengunjung semakin penasaran untuk menjelajahi blog dan mengetahui semua konten di dalamnya.

Bagaimana cara memasang sitemap pada blog?
Baik, penulis akan membagikan sitemap yang cocok buat blog sobat dengan tampilan yang menarik dan tentunya responsive. Sitemap ini penulis dapatkan dari pencarian di Google kemudian diterapkan di blog dan saat ini masih bisa work.

Berikut ini adalah cara memasang sitemapnya :
1. Download script sitemapnya disini. Password: dekstopgede
2. Buka dasbor blogger sobat
3. Pilih Laman>Laman baru>mode HTML
4. Copy lalu Paste script yang telah di-download tadi
5. Jangan lupa beri judul misal : Sitemap blog, daftar isi dan sebagainya
6. Ganti URL blog menjadi URL Blog sobat.

Perhatikan tulisan dekstopgede dan silahkan ganti dengan nama blog sobat. Jika tidak ada masalah maka tampilannya akan menjadi seperti gambar di bawah ini :

Untuk mengubah warna tabel sesuai dengan keinginan maka silahkan modifikasi bagian script CSS-nya.

Kesimpulan
Sitemap ini hanya berlaku untuk platform blogspot dan kompatibel dengan semua device, jadi sangat disarankan untuk memasangnya pada halaman blog.

Dari beberapa kasus sitemap ini tidak berfungsi jika situs belum mendaftar ke webmaster tools karena sepertinya ada kaitannya dengan sitemap pada webmaster tools.

No comments:

Post a Comment